Sabtu, 07 November 2015

Artikel "Menilik Khasiat Tanaman Betadine"

Subhanallah,,,
Maha Suci Allah yang telah menciptakan semua makhluknya (manusia, hewan dan tumbuhan), dan Allah tidak menciptakan sesuatu pun di Dunia ini dengan sia-sia, semua pasti ada manfaatnya, begitupun dengan tanaman ini. Di dalam Al Qur’an banyak disebutkan tentang penciptaan makhluk di Dunia, diantaranya

أَوَلَمْ يَرَوْا إِلَى الْأَرْضِ كَمْ أَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ
Artinya :
“Dan apakah mereka tidak memperhatikan bumi, berapakah banyaknya Kami tumbuhkan di bumi itu berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang baik?” (QS. Asy Syu’ara : 7
T

anaman betadin, tanaman yang daun maupun tangkai daunnya menyerupai ketela pohon. Pola daun menjari, pada pangkal tangkai daun akan mengeluarkan getah yang bening.
Tanaman herbal ini sudah banyak ditemukan di pekarangan atau kebun apotik hidup keluarga. Meskipun daunnya mirip daun ketela pohon, namun tidak lazim digunakan sebagai sayur. Yang dimanfaatkan adalah getah yang keluar dari pangkal tangkai daun.

D
aun ini biasa digunakan untuk pertolongan pertama pada luka ringan. Misalnya; luka pada kaki atau tangan anak karena terjatuh sehingga lecet. Luka akibat garukan kuku yang terlalu kencang pada kulit, juga bisa diobati dengan getah daun betadin ini.
A
mbil satu tangkai daun betadin, jangan daun yang terlalu muda atau tua. Lalu, getah yang mengalir pada tangkai daun dioleskan pada luka yang telah dibersihkan. Memang agak perih ketika bagian yang luka diolesi getah betadin. Namun keadaan itu berlangsung beberapa menit saja. Setelah itu rasa perih akan hilang dan bagian yang luka bakal sembuh.

Batang tanaman Jatropha multifida Linn mengandung senyawa flavonoid.  kandungan senyawa Flavonoid di dalam tanaman betadine ini yang bisa menyembuhkan luka. Luka yang bisa disembuhkan umumnya adalah luka ringan seperti tergores bambu, tergores pisau, luka akibat jatuh, dan lain-lain.

F
lavonoid, juga dikenal sebagai bioflavonoid adalah kelas phytochemical yang hanya bisa disintesis oleh tanaman. Flavonoid merupakan pigmen penting yang bertanggung jawab pada pigmentasi kelopak bunga.
Flavonoid tanaman betadine mampu bertindak sebagai antioksidan dan berfungsi menetralisir radikal bebas dan dengan demikian meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil akibat telah kehilangan elektron.
Flavonoid sebagai antioksidan membantu menetralisir dan menstabilkan radikal bebas sehingga tidak lagi merusak sel-sel dan jaringan sehat.








Dwi Ayu Ratnasari
Biologi A/VI
- See more at: http://www.sentulfresh.com/tanaman-betadine/#sthash.MNZGy9GC.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar